Kalbisocio: Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Vol. 11 No. 1 (2024): KALBISOCIO, Jurnal Bisnis dan Komunikasi

Resepsi Orangtua di Jakarta Mengenai Multivitamin Anak dalam Tayangan Youtube Champs Multivitamin “Juara Bersama Champs”

Baskoro, Edgar (Unknown)
Lobodally, Altobeli (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2024

Abstract

Iklan memiliki beberapa pendekatan salah satunya adalah animasi. Pesan iklan dapat masuk (built in) dalam sebuah tayangan, antara lain program anak. Iklan Champ Multivitamin built in kedalam tayangan animasi di YouTube Didi & Friends X Champs Multivitamin dengan tema "Juara Bersama Champs". Tujuan penelitian ini adalah mengetahui resepsi orang tua di Jakarta mengenai multivitamin anak dalam tayangan YouTube Didi & Friends X Champs Multivitamin “Juara Bersama Champs”. Peneliti mewawancarai pasangan orangtua untuk mengetahui resepsi mereka terhadap multivitamin. Peneliti menggunakan teori Encoding-Decoding Stuart Hall dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan memiliki resepsi yang berbeda terhadap pesan iklan. Dua dari tiga pasangan orangtua yang diwawancara termasuk ke dalam posisi Dominan-Hegemoni, sementara satu pasangan orangtua termasuk ke dalam posisi negosiasi. Perbedaan persepsi tersebut dipengaruhi oleh pemahaman serta latar belakang para informan, khususnya pemahaman berdasarkan pengetahuan mengenai multivitamin pada anak

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kalbisocio

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi adalah jurnal akses terbuka akademik yang bertujuan untuk mempromosikan integrasi bisnis dan komunikasi. Fokusnya adalah menerbitkan makalah tentang bisnis dan komunikasi. Makalah yang dikirimkan akan ditinjau oleh komite teknis jurnal. Semua artikel yang ...