Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter spiritual siswa di era digital dengan studi kasus di SMK Swasta Muhammadiyah 20 Panai Hulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi kegiatan keagamaan sekolah yang terintegrasi dengan media digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan lima strategi utama dalam membentuk karakter spiritual siswa, yaitu: (1) keteladanan di ruang digital dan nyata, (2) penanaman kedisiplinan berbasis teknologi, (3) pembiasaan ibadah dan etika digital, (4) penciptaan suasana religius yang adaptif terhadap perkembangan teknologi, dan (5) integrasi serta internalisasi nilai-nilai spiritual dalam pembelajaran digital. Strategi tersebut mampu menumbuhkan karakter siswa yang beriman, berakhlak mulia, serta bijak dalam penggunaan teknologi. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap model pembinaan karakter spiritual yang relevan dengan dinamika pendidikan abad ke-21.
Copyrights © 2025