Attazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Vol 9, No 2 (2025): At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEISLAMAN SISWA MIS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MEDAN

Sahyan, Sahyan (Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera (STAIS) Medan, Indonesia)
Gotri, Sri (Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera (STAIS) Medan, Indonesia)
Fadli, Muhammad (Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera (STAIS) Medan, Indonesia)
Muttawakil, M. Alfatih (Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera (STAIS) Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2025

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media digital interaktif dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan literasi keislaman siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Pendidikan Agama Islam Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan guru PAI, dan dokumentasi proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital interaktif seperti video animasi Islami, aplikasi kuis interaktif, dan platform pembelajaran daring mampu meningkatkan pemahaman konsep-konsep dasar keislaman siswa, memperkuat motivasi belajar, serta menumbuhkan minat terhadap materi PAI. Selain itu, media digital interaktif juga membantu guru dalam menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, komunikatif, dan kontekstual. Kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan sarana prasarana dan kemampuan guru dalam mengoperasikan teknologi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media digital interaktif dapat menjadi alternatif strategis dalam inovasi pembelajaran PAI di era digital untuk memperkuat literasi keislaman generasi muda.

Copyrights © 2025