Attazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Vol 9, No 2 (2025): At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS NILAI ISLAMI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI MIS IKHLASIYAH TUAMANG MEDAN

Lubis, Masruroh (Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera (STAIS) Medan, Indonesia)
Suyani, Suyani (Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera (STAIS) Medan, Indonesia)
Azzahra, Marlina (Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera (STAIS) Medan, Indonesia)
Zulaika, Aida (Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera (STAIS) Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2025

Abstract

Abstrak: Pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter peserta didik agar menjadi pribadi yang beriman, berakhlak mulia, dan berkepribadian luhur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi pembelajaran berbasis nilai Islami dalam meningkatkan karakter siswa di MIS Ikhlasiyah Tuamang Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru Pendidikan Agama Islam, kepala madrasah, serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis nilai Islami dilakukan melalui integrasi nilai-nilai keislaman dalam seluruh mata pelajaran, pembiasaan ibadah, keteladanan guru, serta kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Strategi tersebut terbukti efektif dalam menumbuhkan karakter religius, disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian sosial siswa. Implementasi yang konsisten dan dukungan dari seluruh warga sekolah menjadi faktor kunci keberhasilan. Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi pembelajaran berbasis nilai Islami dalam memperkuat pendidikan karakter di lingkungan madrasah.Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Nilai Islami, Pendidikan Karakter, Madrasah Ibtidaiyah, Implementasi Pendidikan.

Copyrights © 2025