Media sosial merupakan ruang interaksi orang banyak yang mentransmisikan berbagai pesan. Hashtag #cekfakta berkaitan erat dengan upaya penanganan penyebaran hoax. Penelitian bertujuan mengetahui bagaimana jaringan komunikasi yang terjalin antar pengguna akun Twitter yang menggunakan hashtag #cekfakta dan siapa saja aktor yang berpengaruh dalam penyebaran hashtag tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek yang digunakan penelitian ini ialah Twitter dan objek penelitian ini ialah pengguna Twitter yang menggunakan hasthag #cekfakta. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, observasi dan studi dokumentasi. Teknik Analisa data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis jaringan komunikasi ditemukan 12 aktor yang terlibat dalam persebaran hashtag #cekfakta di Twitter sejak tanggal 27 Juni hingga 6 Juli 2023, dan ditemukan 12 nodes dan 9 edges dalam jaringan tersebut. Dalam jaringan tersebut juga ditemukan akun @TurnBackHoax yang mendapatkan nilai tertinggi dalam perhitungan nilai sentralitas. Dapat disimpulkan bahwa akun @TurnBackHoax mempunyai peran dan pengaruh yang besar dalam proses persebaran hashtag #cekfakta.
Copyrights © 2023