Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Vol 14, No 2 (2024): Edisi Bulan Desember

Pengaruh Live Streaming, Influencer Marketing, Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pada Shopee Di Kabupaten Jember (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember)

Fernandy, Mochammad Abdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Pembelian impulsif terjadi ketika konsumen merasakan dorongan yang kuat dan terus-menerus untuk membeli sesuatu dengan cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh live streaming, influencer marketing, dan motiavasi belanja hedonis dapat mempengaruhi pembelian impulsif pada shopee di wilayah jember. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian ini terdiri dari mahasiswa atau mahasiswi aktif di Universitas Muhammadiyah Jember. Sampel yang digunakan berjumlah 80 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel live streaming mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Dengan t hitung 3.643 dan tingkat signifikansi 0.000. (2) Variabel influencer marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Dengan t hitung 3,683 dan tingkat signifikansi 0,000. (3) Variabel motivasi belanja hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Dengan t hitung 2.249 dan tingkat signifikansi 0.000. Variabel live streaming, influencer marketing, dan motivasi belanja hedonis secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada shopee di wilayah jember (studi kasus Universitas Muhammadiyah Jember).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SMBI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Sains dan Manajemen Bisnis Indonesi adalah jurnal ilmiah dalam sains manajemen dan bisnis yang dikhususkan untuk publikasi hasil-hasil penelitian empirik maupun penelitian kepustakaan dalam bidang manajemen dan bisnis. Jurnal ini dikelola Oleh Magister Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas ...