Para pengusaha dapat memaksimalkan faktor-faktor untuk keberhasilan bisnisnya, yaitu kreativitas dan pemilihan media promosi. Fenomena yang terjadi pada UMKM manik-manik Balung Jember yaitu warna produk kurang menarik dan daya saing yang tinggi, meskipun demikian produk mereka berhasil masuk ke pasar internasional. Studi ini bertujuan untuk menentukan bagaimana kreativitas, penggunaan media sosial dan pemanfaatan e-commerce mempengaruhi keberhasilan usaha. Studi ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan non-probability sampling.Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden yang berjumlah 40. Analisis regresi linear berganda dengan memanfaatkan program IBM SPSS versi 25 digunakan untuk menganalisis data yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas, penggunaan media sosial, dan penggunaan e-commerce mempengaruhi keberhasilan usaha UMKM manik-manik Balung Jember.
Copyrights © 2024