Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Vol 14, No 2 (2024): Edisi Bulan Desember

Pengaruh Kreativitas, Penggunaan Media Sosial Dan Pemanfaatan E Commerce Terhadap Keberhasilan Wirausaha Pada UMKM Manik-Manik Balung Jember

Putri, Ajeng Ayu Maulida (Unknown)
Winahyu, Pawestri (Unknown)
Umamy, Septy Holisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Para pengusaha dapat memaksimalkan faktor-faktor untuk keberhasilan bisnisnya, yaitu kreativitas dan pemilihan media promosi. Fenomena yang terjadi pada UMKM manik-manik Balung Jember yaitu warna produk kurang menarik dan daya saing yang tinggi, meskipun demikian produk mereka berhasil masuk ke pasar internasional. Studi ini bertujuan untuk menentukan bagaimana kreativitas, penggunaan media sosial dan pemanfaatan e-commerce mempengaruhi keberhasilan usaha. Studi ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan non-probability sampling.Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden yang berjumlah 40. Analisis regresi linear berganda dengan memanfaatkan program IBM SPSS versi 25 digunakan untuk menganalisis data yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas, penggunaan media sosial, dan penggunaan e-commerce mempengaruhi keberhasilan usaha UMKM manik-manik Balung Jember.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SMBI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Sains dan Manajemen Bisnis Indonesi adalah jurnal ilmiah dalam sains manajemen dan bisnis yang dikhususkan untuk publikasi hasil-hasil penelitian empirik maupun penelitian kepustakaan dalam bidang manajemen dan bisnis. Jurnal ini dikelola Oleh Magister Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas ...