Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model numbered heads together (NHT) dengan setting mnemonic sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 13 Buru Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan rancangan non equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 13 Buru Selatan. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik random sampling untuk memilih dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas yang dijadikan sebagai subjek penelitian adalah kelas XA sebagai kelas eksperimen dengan perlakuannya yaitu menggunakan model numbered heads together (NHT) dengan setting mnemonic dan kelas XB sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional.Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk minat belajar PPKn. Analisis data menggunakan uji-t independent sample dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05 , dengan demikian kelas XA yang menggunakan pembelajaran model numbered heads together (NHT) dengan setting mnemonic  memiliki skor rerata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas XB yang menggunakan pembelajaran dengan metode konvensional. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model numbered heads together (NHT) dengan setting mnemonic lebih efektif atau dapat meningkatkan minat belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional.
Copyrights © 2024