Rendahnya keterampilan menulis puisi pada siswa SMPN 36 Surabaya karena kurangnya pengalaman, minimnya kosakata, dan kesulitan memilih tema. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui emo-therapy. Siswa menuliskan puisi dengan menuangkan emosinya baik emosi positif maupun negatif. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yang peneliti dasari dalam teori kesadaran emosional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi mewawancarai, mengamati, dan mendokumentasikan, sedangkan teknik analisis data berupa mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan keberhasilan karena adanya peningkatan dalam menulis puisi pada setiap siklus. Perubahan nilai yang menonjol pada setiap siklus membuktikan bahwa penggunaan metode emo-therapy cukup efektif dilaksanakan untuk siswa SMP kelas 8F. Penggunaan metode tersebut guna menyadari emosional dalam diri siswa agar dapat melakukan tindakan yang berpengaruh positif terhadap dirinya maupun lingkungan. Kata Kunci: emo-therapy, menulis, puisi, keterampilan
Copyrights © 2024