Aliterasi: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia
Vol. 3 No. 1 (2022): Vol. 3 No. 1 (2022): September | Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Sastra |

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pantun Dengan Strategi Pembelajaran PQ4R Di Kelas V SD Negeri 8 Jeumpa

Mutia, Mutia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pantun dengan strategi PQ4R di kelas V SD Negeri 8 Jeumpa. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pantun dengan strategi PQ4R di kelas V SD Negeri 8 Jeumpa? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 8 Jeumpa tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 21 orang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R sudah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi pantun. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I hanya sebanyak 47,62% siswa yang tuntas dan siklus II meningkat menjadi 80,95%. Aktifitas belajar dan sikap siswa kelas V SD Negeri 8 Jeumpa juga menunjukkan proses yang sudah tergolong kategori sangat baik. Kata Kunci: Hasil belajar siswa, Pantun, Strategi Pembelajaran PQ4R.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Aliterasi adalah Jurnal Pendidikan, bahasa, dan sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Almuslim berdasarkan p-ISSN:2745-4649 e-ISSN: 2746-6132 pada tahun 2020. Aliterasi, Jurnal Pendidikan, Bahasa ...