Aliterasi: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia
Vol. 3 No. 1 (2022): Vol. 3 No. 1 (2022): September | Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Sastra |

Peningkatan Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana dengan menggunakan Model Pembelajaran Scramble pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Bireuen

Miftahul Jannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Menyusun kalimat sederhana dengan menggunakan model pembelajaran scramble pada siswa kelas III SD Negeri 1 Bireuen. Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran di kelas adalah tidak mampu Menyusun kalimat sederhana. Untuk itu di terapkannya model pembelajaran Scramble dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana. Hasil analisis data pada siklus I menunjukkan hasil observasi terhadap kegiatan guru diperoleh nilai rata – rata 77,69%. Observasi yang dilakukan oleh 2 pengamat terhadap aktivitas siswa diperoleh persentase rata – rata 79,23%. Tetapi ditinjau dari segi hasil, pembelajaran tindakan siklus I belum berhasil. Hal ini karena siswa yang mencapai nilai ketuntasan mencapai 60%. Pada siklus II observasi terhadap aktivitas guru diperoleh persentase 89,99%. Observasi terhadap aktivitas siswa diperoleh persentase rata – rata 91,53%. Tetapi ditinjau dari segi hasil, pembelajaran siklus II telah berhasil. Hal ini karena siswa yang mencapai nilai ketuntasan mencapai 90%. Dengan demikian, metode pembelajaran Scramble sangat cocok digunakan untuk materi menyusun kalimat sederhana karena dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III SD Negeri 1 Bireuen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Aliterasi adalah Jurnal Pendidikan, bahasa, dan sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Almuslim berdasarkan p-ISSN:2745-4649 e-ISSN: 2746-6132 pada tahun 2020. Aliterasi, Jurnal Pendidikan, Bahasa ...