Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbicara mahasiswa dengan teknik bermain peran (role play) pada mahasiswa prodi pendidikan bahasa Inggris. Berbicara merupakan salah satu keterampilan yang produktif. Penelitian tersebut merupakan penelitian Tindakan kelas yang dilakukan pada mahasiswa semester empat prodi Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak 30 mahasiswa. Penelitian Tindakan kelas terbagi menjadi dua siklus yang setiap siklus terdiri atas 4 tahapan. Tahapan tersebut adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus pertama didapatkan hasil sebesar 72 % dengan nilai rata-rata adalah 74. Kemudian pada siklus kedua didapatkan hasil 92% dan didapatkan nilai rata-rata adalah 88. Teknik bermain peran memberikan hasil baik terutama dalam kemampuan berbicara mahasiswa. Mahasiswa yang semula pasif menjadi aktif dan lebih percaya diri ketika berbicara di depan banyak orang.
Copyrights © 2024