Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Sumedang telah menerapkan e-office sebagai teknologi informasi yang dapat mengelola proses administrasi dalam proses bisnisnya. E-Office atau Electronic Office merupakan layanan aplikasi guna meminimalisir penggunaan kertas dalam administrasi perkantoran secara elektronik yang bertujuan untuk menyederhanakan proses bisnis perkantoran terutama dalam kegiatan korespondensi kedinasan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menilai apakah penerapan sistem tersebut berhasil dan berdampak positif bagi individu maupun organisasi. Dalam penelitian ini, penulis memilih model yang diberikan oleh William H. DeLone dan Ephraim R. McLean, yang terdiri dari enam faktor pengukur kesuksesan suatu sistem informasi yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, penggunaan, kepuasan pengguna dan manfaat bersih. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data yang telah dilakukan, maka didapatkan bahwa dalam pemanfaatan teknologi informasi khususnya dalam dalam penerapan e-office di Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Sumedang dapat dikatakan belum sepenuhnya sukses, hal ini ditunjukkan oleh ke enam (6) variabel yang diteliti memperoleh nilai rata-rata yang tinggi dan sangat tinggi namun dari sepuluh (10) hipotesis yang dirumuskan menghasilkan empat (4) hipotesis diterima dan enam (6) hipotesis ditolak sebagai pengukur kesuksesan sistem informasi.
Copyrights © 2023