Infomans: Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen
Vol. 18 No. 1 (2024): Infoman's

Penerapan Customer Relationship Management Dalam Sistem Penjualan Online Produk Batik

Fitria (Unknown)
Muhammad Hatta (Unknown)
Rifqi Fahrudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Batik Al Fitri Cirebon merupakan Usaha Mikro Kelas Menengah (UMKM) yang menjual kain batik tulis dan syal batik yang berlokasi di Jalan Pegajahan Selatan No 38 Kota Cirebon. Saat ini proses penjualan produk batiknya masih dilakukan secara konvensional atau offline yang mengharuskan pelanggan datang langsung ke tempat UMKM Batik ataupun mendatangi stand tempat batik pada kegiatan pameran yang diselenggarakan di Kota Cirebon. Disamping itu proses penjualan secara online dengan menggunakan pemanfaatan media sosial. Namun, penjualan dengan cara tersebut dirasa masih kurang optimal dalam meningkatkan penjualan produk dan bersaing dengan kompetitor bisnis lainnya. Selain itu dalam proses pencatatan data data laporan kontak pelanggan masih dilakukan secara manual ditulis ke dalam buku catatan, sehingga terkadang terjadi kesalahan pencatatan, tercecer atau hilang. Penjualan Online adalah kegiatan penjualan barang yang terhubung ke dalam suatu jaringan. Customer Relationship Management (CRM) adalah metode yang digunakan perusahaan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggannya. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi penjualan dengan penerapan CRM pada UMKM Batik Al Fitri Cirebon yang dapat membantu meningkatkan penjualan dan pelayanan bagi pelanggan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

infomans

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Infomans Journal is a scientific journal published by LPPM and Fakultas Teknologi Informasi FTI UNSAP. This journal contains scientific papers from Academics, Researchers, and Practitioners about research on informatics. Infomans Journal is published twice a year in May and November. The paper is an ...