Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui saluran pemasaran lada di Desa Batu Timbau, (2) Untuk mengetahui marjin pemasaran lada di Desa Batu Timbau, (3) Untuk mengetahui efisiensi pemasaran lada di Desa Batu Timbau. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2021 di Desa Batu Timbau Kecamatan Batu Ampar dengan total responden sebanyak 38 petani lada. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemasaran lada di Desa Batu Timbau Kecamatan Batu Ampar terdapat satu saluran yaitu dari petani-pengepul-konsumen. (2) Marjin pemasaran yang diperoleh dari masing-masing pengepul berbeda-beda. Pengepul dengan harga beli Rp 65.000/kg hasil marjin pemasarannya sebesar Rp 5.000/kg, sedangkan dengan harga beli Rp 70.000/kg hasil majin pemasarannya sebesar Rp 6.000/kg. (3) Efisiensi pemasaran pada tiga pengepul adalah 93,187%, 92,34%, 93,24%. Hal ini menunjukan bahwa saluran pemasaran tersebut tidak efisien karena efisiensi pemasaran ketiga pengepul dalam saluran ini lebih dari 50%.
Copyrights © 2023