Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi kunjungan wisatawan ke Grand Elty Kalianda Resort, nilai ekonomi Grand Elty Kalianda Resort, dan kepuasan pengunjung terkait atribut 4A atraksi, aktivitas, aksesibilitas, dan fasilitas. Lokasi penelitian dipilih secara purposif dengan pertimbangan bahwa Grand Elty Kalianda Resort merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Kabupaten Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei yang melibatkan 76 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung pada bulan November 2022 hingga Desember 2022. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, metode biaya perjalanan (TCM), analisis Indeks Kepuasan Pelanggan (CSI), dan Analisis Importance Performance (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan ke Grand Elty Kalianda Resort adalah pendapatan, biaya perjalanan, lama perjalanan, sarana dan prasarana, dan kepuasan pengunjung. Nilai ekonomi objek wisata Grand Elty Kalianda Resort sebesar Rp12.501.262,00 per tahun. Sedangkan tingkat kepuasan pengunjung terkait atribut 4A sebesar 91,60 persen menunjukkan pengunjung sangat puas. Pengukuran kepuasan pengunjung dengan metode IPA diperoleh hasil kepuasan pada atribut pantai, rekreasi dan fotografi. Kata kunci: Penilaian ekonomi, metode biaya perjalanan, kepuasan pengunjung.
Copyrights © 2024