Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai langkah – langkah pengunaan alquran dalam pembelajaran bahasa arab dan faktor pendukung dan penghambat penggunaan alquran dalam pembelajaran bahasa arab. penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis study kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Responden penelitiaan ini pada kelas mattyom 1 yang dimana kelas tersebut melakukan pembelajaran bahasa arab menggunnakan alquran dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah – langkah penggunaan alquran dalam pembelajaran bahasa arab adalah (1) Guru menentukan kompetensi apa yang ingin dicapai terlebih dahulu, (2) Menemukan materi yang akan di pelajari, (3) memberikan contoh ayat alquran yang relevan dengan materi, (4) membaca bersama dam mendiskusikan makna ayat alquran secara umum, (5) guru memberikan latian seputar materi dan contoh ayat, dan (6) evaluasi dengan memberikan soal latihan. Adapun faktor pendukung meliputi meningkatkan keterampilan dalam kebahasaan, pemahaman budaya, perolehan kosakata, pemahaman makna asli, dan signifikansi historis bahasa Arab. Faktor penghambat meliputi kurangnya konsentrasi, kesulitan membaca huruf Arab, pemahaman bahasa Arab yang terbatas.
Copyrights © 2025