Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Arab
Vol. 7 No. 1 (2025): Mei

Analisis Problematika dan Upaya Peningkatan Pemahaman Nahwu dan Shorof: Studi Kuantitatif pada Siswa Madrasah Tsanawiyah

Ziddan Arrauf (Unknown)
Muhammad Afif Amrulloh (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh nilai tes terhadap pemahaman Nahwu dan Shorof pada siswa kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Kangkung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif Data diperoleh melalui kuesioner, tes, dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran Nahwu dan Shorof mencakup perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi hasil belajar yang dilakukan oleh pengajar. Metode yang sering digunakan meliputi ceramah, diskusi, dan tanya jawab. (2) Terdapat kesulitan dalam pemahaman materi yang disebabkan oleh latar belakang pendidikan siswa yang beragam, kurangnya motivasi belajar, serta minimnya interaksi dalam praktik. Analisis statistik menunjukkan bahwa nilai tes memiliki hubungan positif dengan pemahaman, meskipun tidak signifikan secara simultan. (3) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa meliputi motivasi dari pendidik, penggunaan media pembelajaran yang lebih menarik, serta pembentukan kelompok belajar untuk praktik bersama. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya metode pengajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Nahwu dan Shorof. Penelitian ini berkontribusi dalam pembelajaran bahasa Arab serta pengajarannya terkhusus di Madrasah Tsanawiyah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

LAN

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LISAN AN NATHIQ: Jurnal bahasa dan Pendidikan bahasa Arab berisi tulisan ilmiah tentang linguistik secara Umum dan Ilmu Terapan Bahasa Arab (Pendidikan Bahasa Arab), atau inovasi-inovasi pendidikan Bahasa Arab, dan pemikiran-pemikiran tokoh-tokoh bahasa Arab dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) ...