Pandemi Covid-19 di Indonesia dinyatakan sebagai krisis kesehatan pada Maret 2020 setelah virus ini pertama kali ditemukan di Depok. Di saat pandemi layanan publik yang diselenggarakan harus tetap berjalan, salah satunya penyelenggaraan sistem layanan informasi publik tentang kondisi pandemi. Keterbukaan informasi yang absurd dan terdisrupsi di era pandemi Covid-19 menjadi tantangan dalam mewujudkan lembaga pemerintahan yang ramah informasi. Layanan informasi publik seputar pandemi Covid-19 di Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat ditangani dengan penggunaan aplikasi PIKOBAR (Pusat Informasi dan Koordinasi Jawa Barat). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi PIKOBAR merupakan media komunikasi publik di tingkat pemerintahan provinsi yang berfungsi sebagai media untuk menginformasikan perkembangan Covid-19 secara real time, sarana edukasi dan menjadi salah satu sumber rujukan pengambilan kebijakan strategis pemerintah provinsi di masa pandemi. Keimpulan penelitian menunjukkan, pemanfaatan teknologi informasi PIKOBAR yang digunakan oleh Divisi Komunikasi Publik Gugus Tugas Covid-19 Daerah Provinsi Jawa Barat dapat menjadi “Penyambung Lidah” antara pemerintah dengan masyarakat mengenai penanganan perkembangan Covid-19. Melalui PIKOBAR masyarakat dapat teredukasi dari penularan Covid-19, menjembatani miskomunikasi antara pemerintah pusat dan daerah, serta menjadi media informasi garda terdepan dalam berhadapan dengan pihak media untuk menjelaskan situasi perkembangan Covid-19 di Jawa Barat.
Copyrights © 2023