Intelektualita
Vol. 2 No. 1 (2014)

FILSAFAT TRADISIONAL DAN PENGARUHNYATERHADAP PENDIDIKAN IDEALISME

Gade, Fithriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2014

Abstract

Salah satu aliran filsafat pendidikan yang berpaham pengetahuan dan kebenaran adalah idealisme. Paham ini menggunakan metode dialektik, syarat dengan pemikiran, perenungan dialog dan lain-lain. Paham idealisme ini dicetuskan oleh plato murid dari Socrates. Adapun jenis-jenis dan konsep idealisme adalah subyektif, idealisme obyektif, idealisme personal. Dalam hubungannya dengan pendidikan, idealisme memberikan sumbangan yang besar terhadap teori perkembangan pendidikan khususnya filsafat pendidikan, filsafat idealism yang diturunkan dari filsafat metafisik yang menekankan pertumbuhan rohani sehingga kaum idealis percaya bahwa anak merupakan bagian dari alam spiritual, yang memiliki alam spiritual sesuai dengan potensialitasnya. Guru yang menganut paham idealisme biasanya berkeyakinan bahwa spiritual merupakan suatu kenyataan karena mereka tidak melihat murid sebagai apa adanya. Karena tanpa adanya spiritual pola pengajaran aliaran idealisme tidak sepenuhnya berpusat dari anak atau materi pelajaran dan juga bukan dari masyarakat akan tetapi idealisme. Dan kurikulum yang digunakan dalam pendidikan yang beraliran idealisme harus lebih terfokus pada isi yang obyektif atau terbaik.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

intel

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Intelektualita adalah jurnal berkala ilmiah yang berbasis open-accass yang memuat hasil-hasil penelitian, book review dalam bidang kajian Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Supervisi, Kepemimpinan dan Psikologi. Jurnal intelektualita diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas ...