Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 4 (2024): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH METODE BEHAVIOR MODIFICATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN

Anggriyani, Hafifiah (Unknown)
Asrul (Unknown)
Maysarah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini hadir dikarenakan adanya kendala yang dialami siswa dalam menyelesaikan latihan soal karena ketidak pahaman  siswa  dengan konsep penyelesaian dari soal yang diberikan, dan semua itu dikarenakan banyak hal yang berkesinambungan  seperti siswa tidak paham dengan materi sebelumnya, siswa malu untuk  bertanya, sehingga siswa tidak bisa mengerjakan PR dan menerima pelajaran baru yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Behavior Modification Terhadap Hasil Belajar Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Di Kelas VII MTs Alwashliyah Tebing tinggi Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design atau eksperimen semu. Analisis data dilakukan dengan uji t (Independent Sampel T-Test).Hasil temuan menunjukkan bahwa : Dalam penelitian ini data yang diperoleh  menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar t-tablel yaitu 0,69 > 0,36 dan telah mengarah peningkatan yang lebih baik dari sebelumnya. hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Behavior Modification pada materi Perbandingan dapat meningkatkan hasil belajar matematis. ABSTRACT This study was conducted due to the obstacles experienced by students in completing practice questions due to students' lack of understanding of the concept of solving the questions given, and all of that is due to many ongoing things such as students not understanding the previous material, students being embarrassed to ask, so students cannot do homework and accept new lessons given by the teacher. This study aims to determine the Effect of the Behavior Modification Method on Students' Mathematical Learning Outcomes in Comparison Material in Class VII MTs Alwashliyah Tebing Tinggi in the 2023/2024 Academic Year. This research is a quantitative study with a Quasi Experimental Design or pseudo-experimental research type. Data analysis was carried out using the t-test (Independent Sample T-Test). The findings show that: In this study the data obtained showed that the t-count was greater than the t-table, namely 0.69> 0.36 and had led to a better improvement than before. the results of the study above, it can be concluded that the use of the Behavior Modification learning method in Comparison material can improve mathematical learning outcomes.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...