Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 4 (2024): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRUTH OR DARE BERBASIS PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Isnanita, Nur (Unknown)
Rakhmawati, Fibri (Unknown)
Reflina (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran Truth or Dare berupa roda pemutar dan kartu permainan yang dapat diterapkan pada materi Statistika kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan research and development dan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang memiliki empat tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), and disseminate (penyebaran). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Truth or Dare dikatakan layak sebagai media pembelajaran dengan memperoleh skor 96,92% dan dikatakan praktis dengan perolehan skor 82,85%. Selain itu, media Truth or Dare dikatakan efektif karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan memperoleh skor N-Gain sebesar 53,34%. ABSTRACT The aim of this research is to produce Truth or Dare learning media products in the form of spinning wheels and game cards that can be applied to class VIII Statistics material. This research uses research and development research methods and the development model used is the 4D development model which has four stages, namely define, design, development, and disseminate. The results of this research show that Truth or Dare is said to be suitable as a learning medium with a score of 96.92% and is said to be practical with a score of 82.85%. Apart from that, Truth or Dare media is said to be effective because it can improve students' critical thinking skills by obtaining an N-Gain score of 53.34%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...