Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam
Vol. 10 No. 2 (2024): JIEI : Vol.10, No.2, 2024

Pengaruh Profitability dan Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Mediasi Perpektif Ekonomi Islam (Studi Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021)

Tiffani, Irzha Maulya (Unknown)
Wahyudi, Sugeng (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitabilitas dan tata kelola perusahaan terhadap nilai perusahaan dan untuk menguji peran efek mediasi dari tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Data terkait variabel penelitian dikumpulkan dari laporan tahunan pada website perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Bloomberg. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Smart PLS. Selama periode 2019-2021 menemukan bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan, tata kelola perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Namun profitabilitas dan tata kelola perusahaan berpengaruh terhadap tanggung jawab sosial perusahaan. Selain itu, CSR juga berperan memediasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dan tata kelola perusahaan terhadap nilai perusahaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jei

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam diterbitkan 3 (tiga) kali setahun (Maret, Juli dan November) oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STIE AAS ...