Jurnal Statistika dan Matematika (Statmat)
Vol 3 No 1 (2021)

ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI VOLUME BENDA PUTAR METODE KULIT TABUNG MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Sanjaya, Febi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep mahasiswa pendidikan matematika. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Objek dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma kelas C yang sedang menempuh mata kuliah Kalkulus Integral. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 80% mahasiswa terbantu dengan media pembelajaran, 52% mahasiswa berada pada kategori cukup paham dan 48% mahasiswa berada pada kategori paham. Selanjutnya hasil dari LKPD diperoleh 55% kelompok menguasai konsep keseluruhan, dan 45% kelompok masih belum sepenuhnya menguasai keseluruhan konsep. Beberapa penyebab terbantunya mahasiswa dalam memahami konsep dengan menggunakan media tersebut yaitu: (1) penyajian materi dalam media pembelajaran tersebut jelas dan runtut, (2) gambar yang memudahkan pemahaman, (3) belajar konsep dan latihan soal terlebih dahulu (4) penyajian materi dan metode yang sederhana, dan (5) media tersebut memudahkan pemahaman.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Mathematics Other

Description

P-ISSN : 2655-3724 E-ISSN : 2720-9881 Jurnal Statmat UNPAM: Jurnal Statistika dan Matematika Universitas Pamulang is a means of publication of scientific articles and research with concentrations of Statistics, Pure Mathematics, Applied Mathematics, Computational Mathematics, Educational ...