ABSTRACT The purpose of this research is to understand the application of the PjBL model in IPAS learning in order to cultivate the character of curiosity and the implications of the use of the pjBL in cultivating the character curiosity of students. The research uses a qualitative approach to the type of phenomenological research. Study results showed that teachers' efforts to cultivate the character of curiosity through PjBL in the learning of IPAS on animal living matter can cultivate a critical, creative, and innovative mental attitude.PjBL models have a positive implication in cultivating curiosity in the students.Learning IPAS through the model, students are encouraged to participate actively in the process of learning, explore topics in depth, and develop critical questions. This project-focused learning process drives students to find answers and creative solutions, which in the end reinforces students' curiosity. Keywords: Characters Want to Know, PjBL, IPAS ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dengan upaya guru menumbuhkan karakter rasa ingin tahu dengan menggunakan model PjBL dalam pembelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami penerapan model PjBL dalam pembelajaran IPAS dalam rangkan menumbuhkan karakter rasa ingin tahu dan implikasi penerapan PjBL dalam menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa. Penelitian meggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek peneltiian berjumlah satu orang guru kelas III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru menumbuhkan karakter rasa ingin tahu melalui PjBL dalam pembelajaran IPAS pada materi daur hidup hewan dapat menumbuhkan sikap mental yang kritis, kreatif, dan inovatif. Model PjBL berimplikasi positif dalam menumbuhkan karakter rasa ingin tahu pada siswa. Pembelajaran IPAS melalui model PjBL tersebut, siswa didorong untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajar, mengeksplorasi topik secara mendalam, dan mengembangkan pertanyaan-pertanyaan kritis. Proses pembelajaran yang berfokus pada proyek ini memicu siswa untuk mencari jawaban dan solusi kreatif, yang pada akhrinya memperkuat rasa ingin tahu siswa. Kata Kunci: Karakter Rasa Ingin Tahu, PjBL, IPAS
Copyrights © 2024