Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024.

IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI BANGUN DATAR TER-INTEGRASI STEM

Candra Utama (Unknown)
Muhimma Yatun Nisa'ul Ulya (Unknown)
Varianta Java Yuam Miranda (Unknown)
Vike Renanda Dwi Oktavella (Unknown)
Tsaniya Ro’ihatul Jannah (Unknown)
Fitra Larasati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan model Project Based Learning (PJBL) berbasis STEM dalam meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa kelas 1 di SDN Percobaan 2 Malang. Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan 25 siswa, penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas siswa dan tes evaluasi kemampuan berpikir kritis serta pemahaman materi matematika. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir matematis siswa dari siklus pertama ke siklus kedua, dengan persentase ketuntasan meningkat dari 83% menjadi 100%. Model PJBL berbasis STEM terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika serta mendorong partisipasi aktif dan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menyarankan agar model ini diterapkan lebih luas di sekolah dasar dan dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi penerapannya pada mata pelajaran lain dan jenjang pendidikan yang berbeda. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan model pembelajaran inovatif yang relevan dengan kebutuhan abad ke-21.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...