Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui prestasi belajar terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang asrama dan luar asrama di MTs Mu’allimin NW Anjani, Untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang asrama dan luar asrama di MTs Mu’allimin NW Anjani. Metode penelitian yang digunakan adalah motode kuantitatif dan jenis penelitiannya yaitu penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Mu’allimin NW Anjani sedangkan pengambilan sampel penelitian ini di lakukan secara random sampling. Jadi, sampel penelitian ini sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa asrama dan 20 siswa Luar asrama.Teknik pengumpulan data dengan mengunakan observasi, dokumentasi dan tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametris. Statistik parametris ini teknik analisis komprasional Uji Beda (t-Test) sampel bebas (Independent T-Test). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar terhadap pendidikan agama Islam yang asrama dan luar asrama di MTs Mu’allimin NW Anjani. Prestasi belajar siswa asrama mencapai nilai rata-rata 85,25 dan siswa luar asrama 84,2 sedangkan berdasarkan angket siswa asrama mendapatkan skor 75,8 dan siswa luar asrama 73. Adapun berdasarkan analisis data dan perhitungan, diperoleh pengujian hipotesis pada analisis data di dapat Ha diterima dan HO ditolak, yaitu ternyata thitung sebesar 8,75 dan dibandingkan dengan α=0,01ttabel (2,382) maka t hitung (8,75) > t tabel (2,382).Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa asrama dan luar asrama pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits berdasarkan nilai rapor. Analisis dari hasil perbandingan ternyata siswa asrama lebih tinggi nilai rata-rata berdasarkan rapor dan skor dari hasil tes pilihan ganda sedangkan hasil dari hipotesis Ha diterima dan HO ditolak.
Copyrights © 2024