Tujuan penelitian ini untuk meningkatan proses pembelajaran menulis puisi bertema lingkungan menggunakan media puzzle pada peserta didik kelas VIII MTs Al Maidah Kotasan. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan adanya permasalahan dalam pembelajaran menulis puisi yaitu nilai yang diperoleh masih di bawah KKM. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas VIII-1 yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran menulis puisi bertema lingkungan menggunakan media puzzle mengalami peningkatan selama dilakukan tindakan. Persentase ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan, pre test memperoleh persentase (0%), pada siklus I pertemuan pertama (5%) pertemuan kedua (10%). Meningkat pada siklus II petemuan pertama (15%) dan meningkat kembali pada pertemuan kedua (35%), masih ada peningkatan kembali pada siklus III pertemuan pertama (85%) pertemuan kedua (85%). Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Media Puzzle
Copyrights © 2024