Artikel ini membahas strategi pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka meningkatkan kompetensi sosial dan karakter siswa di jenjang sekolah menengah. Penguatan pendidikan karakter menjadi prioritas dalam kurikulum nasional, dan ekstrakurikuler dipandang sebagai sarana pembelajaran nonformal yang efektif dalam mendukung tujuan tersebut. Melalui studi kualitatif berbasis analisis dokumen dan literatur ilmiah, artikel ini menelaah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler yang berorientasi pada pengembangan karakter dan keterampilan sosial siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler yang disesuaikan dengan visi sekolah dan kebutuhan peserta didik mampu mendorong perubahan perilaku positif, seperti peningkatan tanggung jawab, kepedulian sosial, dan kerja sama. Evaluasi berkelanjutan dan refleksi menjadi elemen penting dalam menjaga relevansi serta efektivitas kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
Copyrights © 2025