Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025

Ekstrakurikuler, kompetensi, Strategi Pengelolaan Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial dan Karakter Siswa: Strategi Pengelolaan Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial dan Karakter Siswa

Balqis Edenia, balqisedenia (Unknown)
Syarifuddin (Unknown)
Alif Bahtiar Pamulaan (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2025

Abstract

Artikel ini membahas strategi pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka meningkatkan kompetensi sosial dan karakter siswa di jenjang sekolah menengah. Penguatan pendidikan karakter menjadi prioritas dalam kurikulum nasional, dan ekstrakurikuler dipandang sebagai sarana pembelajaran nonformal yang efektif dalam mendukung tujuan tersebut. Melalui studi kualitatif berbasis analisis dokumen dan literatur ilmiah, artikel ini menelaah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler yang berorientasi pada pengembangan karakter dan keterampilan sosial siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler yang disesuaikan dengan visi sekolah dan kebutuhan peserta didik mampu mendorong perubahan perilaku positif, seperti peningkatan tanggung jawab, kepedulian sosial, dan kerja sama. Evaluasi berkelanjutan dan refleksi menjadi elemen penting dalam menjaga relevansi serta efektivitas kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...