Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana strategi pembelajaran berbasis permainan tradisional di MIN Kota Bima. Permainan tradisional merupakan bagian dari warisan budaya yang memiliki nilai edukatif tinggi. Banyak permainan tradisional yang mengandung unsur pemecahan masalah, strategi, kerja sama, dan komunikasi, serta memperkuat pemahaman konsep pembelajaran siswa. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan kearifan lokal dalam strategi pembelajaran, sehingga pembelajaran cenderung menoton dan kurang kontekstual dengan budaya setempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan tradisional dalam strategi pembelajaran mampu meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat nilai-nilai budaya lokal, dan memperbaiki suasana kelas menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Strategi ini juga terbukti efektif dalam menanamkan nilai kerja sama, sportivitas, dan tanggung jawab dalam diri siswa. Dengan demikian, integrasi permainan tradisional dalam mewujudkan pendidikan penjaskes yang dihapuskan pada budaya lokal sekaligus meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.
Copyrights © 2025