Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025

PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP MOTIVASI SISWA DI SDN 42 PALEMBANG

OKTARIA, ANNISA (Unknown)
Yunika Lestaria Ningsih (Unknown)
Masnunah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2025

Abstract

Model Course review horay merupakan salah satu teknik pembelajaran kooperatif yang memungkinkan dapat mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Media Wordwall adalah situs web yang menawarkan banyak permainan yang berfungsi sebagai alat penilaian pembelajaran dan menyenangkan. Motivasi adalah suatu perubahan dalam diri seseorang yang dilatarbelakangi oleh keinginan untuk mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model course review horay berbantuan media wordwall terhadap motivasi siswa di SDN 42 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif . Desain yang digunakan yaitu Posttest Only Control Design. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian berjumlah 48 siswa berdasarkan teknik sampling total, maka sampel berjumlah 48 siswa yang terdiri dari 23 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan angket. Uji validasi angket menyatakan bahwa 15 pernyataan semuanya valid. Reabilitas instrumen menggunakan rumus Alpa Cronbach’s. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik Uji-T yaitu independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model course review horay berbantuan media wordwall terhadap motivasi siswa kelas IV SDN 42 Palembang dengan nilai siginifikansi 0,000 kurang dari 0,05 (sig 0,000 < 0,05). Jadi, dengan menggunakan model course review horay berbantuan media wordwall dapat berpengaruh positif terhadap motivasi siswa saat belajar. Kata Kunci: Model Course Review Horay, Media Wordwall, Motivasi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...