Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Progres

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SDS SWADHIPA NATAR

Putrika Sari, Adinda (Unknown)
Chairul Amriyah (Unknown)
Yuli Yanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media video materi Bab 8 bumiku sayang bumiku malang kelas V di SDS Swadhipa Natar, Lampung Selatan. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media foto slide suara dengan pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media video terhadap hasil belajar IPAS kelas V di SDS Swadhipa Natar, Lampung Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif dengan bentuk Post-test Only Control Grup Design. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media video materi Bab 8 bumiku sayang bumiku malang kelas V di SDS Swadhipa Natar, Lampung Selatan dengan hasil perhitungan uji T yaitu T-hitung = 3,218 > nilai T-tabel = 2,02619, maka terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media video hasil belajar IPAS peserta didik kelas V. 2) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media video terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SDS Swadhipa Natar, Lampung Selatan dengan nilai rata-rata ulangan harian = 51,5 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol = 77,25, nilai rata-rata ulangan harian = 55,05 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen = 84,21 yang berarti (84,21 > 77,25).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...