Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Build

Pengaruh Penggunaan Media Kartu Alphabet Berbasis Budaya Lokal Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Nurul Huda NW Lembuak

fitriani, fitriani (Unknown)
Musaddat, Syaiful (Unknown)
Wahab, Aulia Dwi Amalina (Unknown)
Rachmayani, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh penggunaan media kartu alphabet berbasis budaya lokal terhadap kemampuan membaca anak usia dini kelompok B di RA Nurul Huda NW Lembuak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pra eksperimental dengan desain one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Subjek yang diteliti pada penelitian ini adalah anak kelompok B di RA Nurul Huda NW Lembuak yang berjumlah 18 anak. Data dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan uji hipotesis menggunakan Uji-t. Hasil analisis pada data penelitian menunjukkan ada perbedaan rata-rata yang diuji. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis uji t paired samples test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000, yang lebih kecil dari 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest setelah diberikan perlakuan dengan penggunaan media kartu alphabet berbasis budaya lokal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu alphabet berbasis budaya lokal berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...