Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir reflektif siswa pada saat melakukan kegiatan pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) yang belum pernah diukur sebelumnya. Keterampilan berpikir reflektif sangat penting dimiliki oleh siswa. Dari hasil observasi diketahui bahwa nilai IPA siswa masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir reflektif siswa sekolah dasar adalah model pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan media flipbook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir reflektif siswa melalui model PBL menggunakan media flipbook pada pembelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas IV SDN Margorejo 1/403 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan model PBL menggunakan media flipbook mampu memberikan peningkatan kemampuan berpikir reflektif siswa. Dengan model PBL menggunakan media flipbook, siswa memiliki kesempatan untuk memecahkan masalah sehingga kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat memberikan respon positif selama proses belajar mengajar karena siswa merasa mendapatkan kesempatan untuk mengajukan ide, menanggapi pertanyaan, mengajukan pertanyaan, dan mempresentasikan hasil pekerjaan mereka.
Copyrights © 2025