Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025

Pengaruh Problem Based Learning Menggunakan Media Flipbook terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan

Dewi Nastiti, Alfishinta (Unknown)
Rosmiati (Unknown)
Juniarso, Triman (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir reflektif siswa pada saat melakukan kegiatan pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) yang belum pernah diukur sebelumnya. Keterampilan berpikir reflektif sangat penting dimiliki oleh siswa. Dari hasil observasi diketahui bahwa nilai IPA siswa masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir reflektif siswa sekolah dasar adalah model pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan media flipbook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir reflektif siswa melalui model PBL menggunakan media flipbook pada pembelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas IV SDN Margorejo 1/403 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan model PBL menggunakan media flipbook mampu memberikan peningkatan kemampuan berpikir reflektif siswa. Dengan model PBL menggunakan media flipbook, siswa memiliki kesempatan untuk memecahkan masalah sehingga kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat memberikan respon positif selama proses belajar mengajar karena siswa merasa mendapatkan kesempatan untuk mengajukan ide, menanggapi pertanyaan, mengajukan pertanyaan, dan mempresentasikan hasil pekerjaan mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...