Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025

EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA BOS DALAM MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH

Maulida, Rizki (Unknown)
Andriyani (Unknown)
Umar (Unknown)
G Mulawarman, Widyatmike (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam meningkatkan kinerja sekolah di tingkat pendidikan dasar. Dana BOS merupakan salah satu instrumen penting dalam mendukung operasional sekolah dan peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap kepala sekolah dan bendahara di beberapa sekolah dasar negeri. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan inferensial untuk menilai hubungan antara efektivitas pengelolaan dana dan indikator kinerja sekolah, seperti kualitas pembelajaran, ketersediaan sarana-prasarana, dan kesejahteraan tenaga pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan dana BOS yang transparan, akuntabel, dan tepat sasaran berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan kinerja sekolah. Temuan ini menekankan pentingnya peningkatan kapasitas manajerial sekolah dalam pengelolaan keuangan guna mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...