Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar tergadap kemampuan membaca permulaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 29 Prabumulih. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Populasi dan Sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas I SD Negeri 29 Prabumulih sebanyak 30 orang. Teknik analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas diperoleh nilai signifikan pretest 0.176 dan posttest 0,199 lebih dari 0,05 artinya data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitasnya adalah 0,961 lebih dari (>) 0,05 yang dapat disimpulkan bahwa data yang di uji sesuai kriteria dan data merupakan data homogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 29 Prabumulih. Terlihat dari nilai signifikan kemampuan membaca permulaan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,025 (0,000 < 0,025) yang berarti bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima maka ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan.
Copyrights © 2025