Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi belajar siswa pada materi keterampilan dasar passing bawah bolavoli dalam pembelajaran PJOK. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain one group pre-test post-test, melibatkan 30 siswa kelas V di SDN 2 Tawangrejo. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen angket motivasi belajar yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test, dengan rata-rata skor meningkat dari 18,80 menjadi 23,20. Nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,000 (< 0,05) mengindikasikan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK, khususnya pada materi keterampilan passing bawah bolavoli.
Copyrights © 2025