Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman dan kemandirian belajar siswa kelas II di SDN Tengket 03. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu dan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian untuk mengukur pemahaman dan angket skala Likert untuk mengukur kemandirian. Teknik analisis data mencakup uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji paired sample t-test, serta uji MANOVA dengan bantuan SPSS versi 21.0. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, baik pada pemahaman maupun kemandirian siswa, yang berarti terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil uji MANOVA juga menunjukkan signifikansi 0,007 < 0,05, yang mengindikasikan bahwa model Discovery Learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman dan kemandirian siswa. Dengan demikian, model ini terbukti efektif dalam mendukung proses pembelajaran matematika di kelas II sekolah dasar.
Copyrights © 2025