Jurnal EduBio Tropika
Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EduBio Tropika

PENGEMBANGAN HANDOUT PEMBELAJARAN EMBRIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PERKULIAHAN PERKEMBANGAN HEWAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANDA ACEH

Rufa Hera (Universitas Syiah Kuala)
Khairil Khairil (Universitas Syiah Kuala)
Hasanuddin Hasanuddin (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2015

Abstract

Rendahnya minat mahasiswa menelaah sumber belajar berdampak pada penguasaan konsep yang rendah. Pengembangan bahan ajar yang tepat dengan penyajian konsep yang runut dan fokus, bahasa yang komunikatif, serta desain grafis yang menarik penting dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan handout embriologi berbasis kontekstual, menjaring kelayakan handout dengan melihat validasi tim ahli, respon dosen dan tanggapan mahasiswa, serta melihat persentase peningkatan pemahaman konsep mahasiswa dengan adanya penggunaan handout dalam perkuliahan. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Mei sampai Bulan Juli 2014. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model Three D (3D) yang diadaptasi dari model pengembangan Bahan Ajar Four D (4D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa handout embriologi berbasis kontekstual memenuhi kriteria validasi sangat baik dengan persentase validasi 89,73% dan masuk ke dalam kategori kelayakan sangat layak dengan persentase kelayakan 87,05. Penelitian ini juga membuktikan bahwa penggunaan handout pada perkuliahan Perkembangan Hewan di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh mampu meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa berkisar antara 66% sampai 83%.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Description

Journal EduBio Tropical published twice a year in April and October, containing text that was lifted from the results of research in the field of education of biology and biological sciences. Article review (review article) loaded on the invitation. ...