Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar ipas peserta didik kelas V di UPTD SDN 78 Tajo Kec. Camba Kab. Maros. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode one group pretest-posttes. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Data kemudian di analisis dengan statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Berdasarkan hasil uji Paired Sample t-Test, diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest. Nilai rata-rata selisih sebesar -41,429 menunjukkan bahwa skor posttest secara signifikan lebih tinggi dibandingkan pretest. Perlakuan yang diberikan terbukti efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2025