Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Process

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V UPTD SDN 78 TAJO KECAMATAN CAMBA KABUPATEN MAROS

Asriani (Unknown)
Dr. Suardi M.Pd (Unknown)
Syamsuriyanti,S,Pd., M.Pd (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2025

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar ipas peserta didik kelas V di UPTD SDN 78 Tajo Kec. Camba Kab. Maros. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode one group pretest-posttes. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Data kemudian di analisis dengan statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Berdasarkan hasil uji Paired Sample t-Test, diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest. Nilai rata-rata selisih sebesar -41,429 menunjukkan bahwa skor posttest secara signifikan lebih tinggi dibandingkan pretest. Perlakuan yang diberikan terbukti efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...