Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinasi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk budaya religius di Pesantren Darul Hijrah As-Salam. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang memengaruhi determinasi PAI meliputi peran guru dan ustadz sebagai teladan moral dan spiritual, penerapan kurikulum PAI yang terintegrasi secara kognitif, afektif, dan psikomotor, serta pembiasaan ibadah yang konsisten. Faktor eksternal mencakup dukungan orang tua dalam pembinaan religius di rumah dan lingkungan pesantren yang kondusif dengan tradisi keagamaan yang kuat. Meskipun terdapat hambatan seperti rendahnya minat sebagian santri, perbedaan latar belakang, dan keterbatasan fasilitas, keberhasilan pembentukan budaya religius tetap terjaga berkat dukungan manajemen sekolah dan tradisi pesantren yang mengakar. Penelitian ini menegaskan bahwa PAI, jika dikelola secara terencana, terintegrasi, dan kolaboratif, mampu menjadi instrumen efektif dalam membentuk karakter religius santri secara berkelanjutan.
Copyrights © 2025