Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025 In Order

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL MACAM-MACAM LENGAN BUSANA MELALUI FLASH CARD BERBASIS ASSEMBLR EDU UNTUK SISWA SMK FASE E DI SMK N 4 SIJUNJUNG

Popi Marseli (Unknown)
Adriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flash card berbasis Augmented Reality (AR) menggunakan aplikasi Assemblr Edu pada materi macam-macam lengan busana untuk siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 4 Sijunjung. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk yang dihasilkan berupa flash card berukuran 12 x 16 cm dengan desain menarik, dilengkapi kode QR yang dapat memunculkan objek 3D, audio deskripsi, kuis interaktif, dan fitur rotasi 360°. Uji validitas dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, sedangkan uji praktikalitas melibatkan guru dan siswa. Efektivitas media diukur melalui perbandingan hasil pre-test dan post-test serta perhitungan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran flashcard berbasis assemblr edu pada materi macam-macam lengan busana memiliki tingkat kevalidan yang tinggi, dengan 91% kategori sangat valid dari aspek materi, dan 96% katogori sangat valid dari aspek media. Evaluasi dari respon guru dan peserta didik di sekolah uji coba menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran dinilai sangat praktis, dengan presentase kepraktisan respon guru mencapai 94%, serta respon peserta didik mencapai 93% Efektivitas media juga terbukti tinggi, dengan peningkatan hasil rata-rata 46,% serta hasil N gain score pada kategori tinngi. Dengan demikian, flash card berbasis Assemblr Edu dinilai layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi macam-macam lengan busana.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...