Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025 In Order

PENGARUH PEMBELAJARAN MODIFIKASI PERMAINAN TERHADAP KEMAMPUAN PUKULAN LURUS PENCAK SILAT PADA SISWA KELAS VII SMP IT BINA INSANI KARAWANG – CIKAMPEK

Mahdi Safi’i Al Fajar (Unknown)
Setio Nugroho (Unknown)
Riski Aminudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan modifikasipermainan terhadap peningkatan kemampuan teknik pukulan lurus dalam pencak silat padasiswa kelas VII SMP IT Bina Insani Karawang – Cikampek. Latar belakang penelitian iniadalah rendahnya antusiasme dan kemampuan siswa dalam pembelajaran pencak silat,khususnya pada teknik pukulan lurus. Untuk mengatasi hal tersebut, diterapkan pendekatanpembelajaran yang inovatif dan menyenangkan melalui modifikasi permainan.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas VII yang dipilih melalui teknikpurposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan pukulan lurus yangdilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Perlakuan berupa enam kali pertemuanpembelajaran menggunakan berbagai permainan yang dimodifikasi agar siswa lebih aktifdan terlibat.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil tes posttestdibandingkan pretest. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan modifikasipermainan berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan pukulan lurus siswa.Dengan demikian, pembelajaran pencak silat melalui pendekatan modifikasi permainandapat menjadi salah satu strategi efektif dalam pendidikan jasmani yang tidak hanyameningkatkan keterampilan fisik, tetapi juga membangun motivasi dan semangat belajarsiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...