Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan implementasi kegiatan keagamaan dalam meningkatkan nilai-nilai religius peserta didik di SMAS Tahfizhul Qur’an Imam Asy-Syathiby Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan meliputi pembiasaan budaya 5S, shalat berjamaah, muroja’ah, kajian keislaman, ta’lim rutin, halaqah Qur’an, dan ekstrakurikuler keislaman. Implementasi kegiatan dilakukan melalui keteladanan guru, pembiasaan, nasehat, dan pengawasan. Faktor pendukung adalah dukungan sekolah, fasilitas ibadah memadai, dan peran guru PAI; sedangkan hambatan meliputi kurangnya perhatian peserta didik, kejenuhan materi, dan pengaruh lingkungan luar sekolah. Kegiatan keagamaan yang terencana efektif menginternalisasikan aqidah, meningkatkan kualitas ibadah, dan membentuk akhlak mulia peserta didik.
Copyrights © 2025