Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media komik digital Jelajah Alam terhadap kreativitas siswa pada materi sumber daya alam kelas V sekolah dasar. Fokus penelitian mencakup bagaimana media komik digital digunakan dalam proses pembelajaran, bentuk kreativitas yang muncul dari siswa, serta respon siswa terhadap penggunaan media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik digital dimanfaatkan secara aktif dalam pembelajaran berbasis proyek. Siswa tidak hanya membaca komik, tetapi juga menciptakan karya komik bertema sumber daya alam, baik secara digital melalui aplikasi seperti Canva maupun manual menggunakan kertas HVS. Proses ini mendorong pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan bermakna. Kreativitas siswa tampak melalui kelancaran ide, keaslian tokoh dan cerita, keluwesan berpikir, serta pengembangan ide cerita. Siswa menunjukkan respon yang sangat positif terhadap penggunaan media komik digital.
Copyrights © 2025