Perkembangan teknologi digital yang pesat di era globalisasi menuntut pengembangan aplikasi yang tidak hanya fungsional tetapi juga memiliki desain antarmuka pengguna (UI/UX) yang praktis dan menarik untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai metodologi desain UI/UX melalui pendekatan tinjauan pustaka sistematis (SLR). Penelitian ini menganalisis 40 artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2021 dan 2025 dan diperoleh dari beberapa basis data terindeks seperti Google Scholar, Garuda, SemanticScholar, dan AcademiaEdu. Pemilihan didasarkan pada kriteria inklusi seperti relevansi topik, akses terbuka, dan kualitas publikasi. Penelitian ini mengidentifikasi metode, platform, alat, dan pendekatan penelitian desain UI/UX yang populer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang paling banyak digunakan adalah design thinking, dengan alat Figma, platform dominan adalah aplikasi seluler, dan pendekatan penelitian yang paling umum adalah kualitatif. Penelitian ini juga mengkaji elemen desain visual seperti pemilihan warna (color palette) yang sering digunakan sebagai referensi. Studi ini berkontribusi pada peningkatan pemahaman dan mendorong kemajuan dalam praktik desain UI/UX, memfasilitasi pemanfaatan data dan proses pengambilan keputusan yang lebih efisien.
Copyrights © 2025