Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025

PENGARUH PAPAN PINTAR MATEMATIKA (PAPINKA) TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG DALAM MATERI PENJUMLAHAN DENGAN MENGONTROL KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS 1 SDN CENGKLIK SURAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025.

Frida Nur Anisa (Unknown)
Ema Butsi Prihastari (Unknown)
Oka Irmade (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak dari papan pintar matematika (Papinka) terhadap kemampuan menghitung siswa, khususnya dalam materi penjumlahan, dengan mempertimbangkan kemampuan awal siswa kelas 1 di SDN Cengklik Surakarta. Media papan pintar matematika merupakan alat yang dirancang dalam bentuk papan untuk mencapaikan informasi dan merangsang minat serta pemikiran siswa dalam proses pembelajaran terutama dalam bidang matematika. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan desain eksperimental awal yang disebut one group pretest posttest desain. Sampel penelitian terdiri dari seluruh siswa di kelas 1B dan 1C di SDN Cengklik Surakarta titik proses pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling titik instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mencangkup tes untuk hasil belajar, yaitu pretest dan post test. Analisis data menunjukkan adanya peningkatan dalam nilai rata-rata hasil belajar setelah penggunaan media papan pintar matematika titik hasil uji statistik menggunakan ankova menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0,001 < 0,05, diperoleh hasil bahwa penggunaan media papan pintar matematika memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai rata-rata posttest tercatat sebesar 86.51, mengalami kenaikan sebesar 13.92 poin dari nilai rata-rata pretest sebelumnya, yaitu 72.59. Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest .

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...