Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis peran guru dalam penerapan pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya di kelas IV SDN 02 Cibatu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Infoman dipilih dengan purposive sampling yaitu guru dan siswa yang representatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam penerapan pembelajaran kolaboratif secara signifikan meningkatkan efektivitas pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Guru yang berperan sebagai fasilitator, mediator, dan motivator berhasil meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, dan pemahaman siswa sehingga tercipta pembelajaran yang efektif. Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai pentingnya peran guru dalam keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dasar. Kata Kunci: Pembelajaran Kolaboratif, Peran Guru, Efektivitas Pembelajaran SBdP
Copyrights © 2025