Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025 In Order

PERAN GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI KELAS IV SDN 02 CIBATU

Ananta Maulida (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis peran guru dalam penerapan pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya di kelas IV SDN 02 Cibatu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Infoman dipilih dengan purposive sampling yaitu guru dan siswa yang representatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam penerapan pembelajaran kolaboratif secara signifikan meningkatkan efektivitas pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Guru yang berperan sebagai fasilitator, mediator, dan motivator berhasil meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, dan pemahaman siswa sehingga tercipta pembelajaran yang efektif. Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai pentingnya peran guru dalam keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dasar. Kata Kunci: Pembelajaran Kolaboratif, Peran Guru, Efektivitas Pembelajaran SBdP

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...