Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Build

PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V B MI AD-DA’WAH.

Rahma, Saviraclaudia (Unknown)
Mujazi Mujazi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya aktivitas belajar siswa kelas V B di MI Ad-Da’wah. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas terhadap aktivitas belajar siswa kelas V B. Observasi awal di kelas V B MI Ad-Da’wah mengidentifikasi masalah seperti kurangnya antusiasme siswa dalam proses pembelajaran, siswa kurang fokus dalam proses pembelajaran, dan pengelolaan kelas yang kurang efektif, sehingga berdampak pada rendahnya aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini menggunakan kelas V A dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang dan kelas V B dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Jadi, total 54 siswa. Dalam hal ini kelas V B sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling dengan Teknik pengumpulan data kuesioner (angket) untuk variabel pengelolaan kelas dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian bersasarkan uji parsial (uji-t) diperoleh bahwa signifikansi ɑ 0,001 < 0,05 dengan nilai thitung sebesar 4,718 > nilai ttabel sebesar 2,060 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Koefisien determinasi dengan nilai R Square sebesar 0,471. Maka sebesar 47,1% pengelolaan kelas memiliki dampak signifikan terhadap aktivitas belajar siswa, sementara 52,9% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...