Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Build

TRANSFORMASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENGELOLAAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR

Izzatul Faizah (Unknown)
Yasinta Qur’aini Nurdiniyya (Unknown)
Indah Munastari Ningsih (Unknown)
Sudadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIM) mentransformasi pengelolaan kinerja guru di sekolah dasar. Transformasi digital dalam manajemen pendidikan menuntut adanya sistem yang efektif, efisien, dan akuntabel dalam mengelola data kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang dilaksanakan di SDN 010 Samarinda Seberang. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SIM melalui platform Ruang GTK yang terintegrasi dengan ASN Digital telah mengubah sistem penilaian kinerja guru dari proses manual menjadi digital yang lebih terstruktur, cepat, dan transparan. Transformasi ini meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), memperkuat akuntabilitas penilaian, serta mendukung pengambilan keputusan berbasis data oleh kepala sekolah. Selain itu, keberhasilan implementasi SIM sangat dipengaruhi oleh tingkat literasi digital guru dan kesiapan infrastruktur teknologi sekolah. Dengan demikian, penerapan SIM tidak hanya berfungsi sebagai alat administratif, tetapi juga sebagai strategi manajerial untuk mewujudkan tata kelola sekolah dasar yang modern dan adaptif terhadap perkembangan teknologi digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...